Instrumen Masalah Pribadi Sosial yang dihadapi Siswa
Tingkat Harga Diri ( Self
Estheem )
Definisi Operasional:
Harga Diri ( Self Estheem) menurut Coopersmith
(1967: 4-5) harga diri (self esteem)
sebagai evaluasi yang dibuat oleh individu mengenai hal-hal yang berkaitan
dengan dirinya. Evaluasi ini menyatakan suatu sikap penerimaan atau penolakan
dan menunjukan sejauhmana individu percaya bahwa dirinya mampu, berhasil dan
berharga. Harga diri berkaitan dengan dua hal yaitu perasaan kompetensi pribadi
dan perasaan nilai pribadi, atau dengan kata lain harga diri itu merupakan
perpaduan antara kepercayaan diri dan penghormatan diri. Mempunyai harga diri
yang kuat artinya merasa cocok dengan kehidupan dan penuh keyakinan, yaitu
mempunyai kompetensi dan sanggup mengatasi masalah-masalah kehidupan. Menurut
pendapat Coopersmith (Daniel Muijs dan David Reynols, 2008:219) yang telah
disempurnakan menyatakan bahwa harga diri (self
esteem) dapat didefinisikan sebagai “penilaian (judgment) pribadi tentang worthiness (faedah/kegunaan/kepantasan)
yang diekspresikan dalam bentuk sikap yang dimiliki individu terhadap dirinya
sendiri”.
Menurut Burns (1993: 71) harga
diri (self esteem) adalah “perasaan bahwa diri itu penting dan efektif,
dan melibatkan pribadi yang sadar akan dirinya sendiri”. Sedangkan menurut Fahrozin dan Kartika (2002: 119) harga diri (self esteem) meliputi 2 bagian, yaitu 1)
penghormatan atau penghargaan dari diri sendiri yang mencakup hasrat untuk
memperoleh kompetensi, rasa percaya diri, kekuatan pribadi, kemandirian serta
kebebasan, 2) prestasi berupa penghargaan atas apa-apa yang dilakukannya.
Sabriani (2004: 10) mengemukakan “individu yang menilai tinggi keberhargaan
dirinya merasa puas atas kemampuan dirinya, sedangkan individu yang menilai
rendah keberhargaan dirinya akan merasa selalu tidak berharga”.
Maslow (Feist, 2010:
335) mengemukakan harga diri (self esteem)
adalah “perasaan pribadi seseorang bahwa dirinya bernilai atau bermanfaat dan
percaya diri”. Harga diri menggambarkan sebuah keinginan untuk memperoleh
kekuatan, pencapaian atau keberhasilan, kecukupan, penguasaan dan kemampuan
kepercayaan diri di hadapan dunia, serta kemandirian dan kebebasan. Harga diri
didasari oleh kempuan nyata dan bukan hanya didasari oleh opini dari orang
lain.
Berdasarkan beberapa
pengertian di atas dapat disimpulkan harga diri (self esteem) adalah penilaian individu bahwa dirinya mampu,
berharga, penuh kasih sayang, menarik, mandiri, memiliki bakat, memiliki
prestasi, dan mempunyai kepercayaan diri serta memiliki kompetensi untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada diri sendiri.
INSTRUMEN HARGA
DIRI (SELF ESTEEM)
I.
Identitas Subjek
Nama :
Kelas :
Jenis
kelamin :
II.
Petunjuk Pengisisan
Para siswa
diminta untuk menjawab semua pernyataan yang diberikan. Setelah membaca setiap
kalimat, berilah tanda (√) pada pilihan jawaban yang saudara anggap paling
sesuai dengan keadaan diri anda. Ada 4 alternatif jawaban yang dapat saudara
pilih, yaitu:
SS : Sanggat Sesuai
S : Sesuai
TS : Tidak Sesuai
STS : Sangat Tidak Sesuai
Apabila
saudara ingin mengganti jawaban, tetapi sudah terlanjur memberi tanda cek maka
tanda cek pada jawaban lama berilah tanda sama dengan (=), setelah itu berikan
tanda cek (√) pada jawaban yang anda inginkan. Tidak ada jawaban benar atau salah.
Contoh:
Apabila
pernyataan di bawah ini sangat sesuai dengan keadaan anda maka berilah tanda
cek (√) pada pilihan pernyataan Sangat Sesuai (SS).
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
|
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya
menyukai lingkungan sekolah saya
|
√
|
|
|
|
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Saya merasa tidak diterima oleh teman-teman saya
|
|
|
|
|
2.
|
Saya tahu apa yang harus saya katakan ke semua orang
|
|
|
|
|
3.
|
Saya tidak pernah malu dengan keadaan saya
|
|
|
|
|
4.
|
Saya cukup puas dengan segala potensi yang saya punya
|
|
|
|
|
5.
|
Saya menerima kekurangan yang ada pada diri saya
|
|
|
|
|
6.
|
Saya sering merasa ragu dengan apa yang saya kerjakan
|
|
|
|
|
7.
|
Saya cukup cepat menyesuikan diri dengan hal-hal yang
baru di sekitar saya
|
|
|
|
|
8.
|
Saya merasa mampu berpendapat di depan umum
|
|
|
|
|
9.
|
Saya orang yang bertanggung jawab sehingga banyak teman
yang mempercayai saya
|
|
|
|
|
10.
|
Saya menolak ikut-ikutan jika teman mengajak saya bolos
|
|
|
|
|
11.
|
Saya tidak begitu pandai berpendapat bila sedang
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
12.
|
Saya biasa dijadikan pemimpin oleh teman-teman saya
|
|
|
|
|
13.
|
Dengan kemampuan yang saya miliki saya yakin dapat
berprestasi di kelas
|
|
|
|
|
14.
|
Teman-teman dapat menerima ide-ide atau pikiran saya
|
|
|
|
|
15.
|
Saya sering merasa minder dengan semua yang ada pada
diri saya.
|
|
|
|
|
16.
|
Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk
membiasakan diri dengan hal-hal baru
|
|
|
|
|
17.
|
Ketika ada masalah di rumah saya akan ikut mencari
solusinya
|
|
|
|
|
18.
|
Saya merasa tidak mampu untuk menghadapi
masalah-masalah dalam hidup saya
|
|
|
|
|
19.
|
Saya merasa malu ketika mengungkapkan pendapat di dalam
kelompok
|
|
|
|
|
20.
|
Saya merasa kehidupan saya terasa mudah
|
|
|
|
|
21.
|
Saya bisa memutuskan sendiri apa yang harus saya
lakukan
|
|
|
|
|
22.
|
Saya akan meminta bantuan kepada orang lain ketika saya
diberi tugas
|
|
|
|
|
23.
|
Saya tidak merasa sendiri jika teman-teman menjauhi
saya
|
|
|
|
|
24.
|
Saya tidak bisa menyelesaikan masalah saya sendiri
|
|
|
|
|
25.
|
Banyak orang yang menyukai saya
|
|
|
|
|
26.
|
Saya merasa minder jika bersama teman-teman
|
|
|
|
|
27.
|
Saya terbiasa menyelesaikan masalah saya sendiri
|
|
|
|
|
28.
|
Saya merasa memiliki banyak kemampuan sehingga membuat
saya optimis
|
|
|
|
|
29.
|
Saya adalah orang yang mudah menyerah jika pernah gagal
|
|
|
|
|
30.
|
Prestasi yang saya raih sekarang adalah hasil jerih
payah saya selama ini
|
|
|
|
|
31.
|
Saya senang melakukan segala sesuatunya sendiri
|
|
|
|
|
32.
|
Saya bahagia dengan keadaan saya sekarang
|
|
|
|
|
33.
|
Saya kurang merasa puas dengan potensi yang saya miliki
saat ini
|
|
|
|
|
34.
|
Pendapat saya akan sangat penting bagi teman-teman
ketika sedang menghadapai suatu permasalahan
|
|
|
|
|
35.
|
Saya akan mudah menyerah jika sudah mengalami suatu
kegagalan
|
|
|
|
|
36.
|
Di sekolah saya berusaha menghadapi masalah dengan baik
|
|
|
|
|
37.
|
Saya tidak yakin dengan apa yang saya putuskan
|
|
|
|
|
38.
|
Saya tidak begitu suka jika ada yang mengkritik saya
|
|
|
|
|
39.
|
Saya tidak mempunyai kesulitan untuk bersahabat dengan
teman-teman disekolah
|
|
|
|
|
40.
|
Saya siap dengan
perubahan dalam lingkungan saya
|
|
|
|
|
41.
|
Saya terkadang cuek dengan lingkungan saya
|
|
|
|
|
42.
|
Saya tidak begitu peduli jika orang lain lebih unggul
daripada saya
|
|
|
|
|
43.
|
Saya lebih suka dipimpin daripada memimpin
|
|
|
|
|
44.
|
Saya akan selalu berusaha berprestasi dalam segala hal
yang positif
|
|
|
|
|
KUNCI JAWABAN INSTRUMEN SELF ESTHEEM
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Saya merasa tidak diterima oleh teman-teman saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Saya tahu apa yang harus saya katakan ke semua orang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
3.
|
Saya tidak pernah malu dengan keadaan saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4.
|
Saya cukup puas dengan segala potensi yang saya punya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Saya menerima kekurangan yang ada pada diri saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
6
|
Saya sering merasa ragu dengan apa yang saya kerjakan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Saya cukup cepat menyesuikan diri dengan hal-hal yang
baru di sekitar saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
8
|
Saya merasa mampu berpendapat di depan umum
|
4
|
3
|
2
|
1
|
9
|
Saya orang yang bertanggung jawab sehingga banyak teman
yang mempercayai saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
10
|
Saya menolak ikut-ikutan jika teman mengajak saya bolos
|
4
|
3
|
2
|
1
|
11
|
Saya tidak begitu pandai berpendapat bila sedang
presentasi di depan kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12
|
Saya biasa dijadikan pemimpin oleh teman-teman saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
13
|
Dengan kemampuan yang saya miliki saya yakin dapat
berprestasi di kelas
|
4
|
3
|
2
|
1
|
14
|
Teman-teman dapat menerima ide-ide atau pikiran saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
15
|
Saya sering merasa minder dengan semua yang ada pada
diri saya.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
16
|
Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk
membiasakan diri dengan hal-hal baru
|
1
|
2
|
3
|
4
|
17
|
Ketika ada masalah di rumah saya akan ikut mencari
solusinya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
18
|
Saya merasa tidak mampu untuk menghadapi
masalah-masalah dalam hidup saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
19
|
Saya merasa malu ketika mengungkapkan pendapat di dalam
kelompok
|
1
|
2
|
3
|
4
|
20
|
Saya merasa kehidupan saya terasa mudah
|
4
|
3
|
2
|
1
|
21
|
Saya bisa memutuskan sendiri apa yang harus saya
lakukan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
22
|
Saya akan meminta bantuan kepada orang lain ketika saya
diberi tugas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
23
|
Saya tidak merasa sendiri jika teman-teman menjauhi
saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
24
|
Saya tidak bisa menyelesaikan masalah saya sendiri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
25
|
Banyak orang yang menyukai saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
26
|
Saya merasa minder jika bersama teman-teman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
27
|
Saya terbiasa menyelesaikan masalah saya sendiri
|
4
|
3
|
2
|
1
|
28
|
Saya merasa memiliki banyak kemampuan sehingga membuat
saya optimis
|
4
|
3
|
2
|
1
|
29
|
Saya adalah orang yang mudah menyerah jika pernah gagal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
30
|
Prestasi yang saya raih sekarang adalah hasil jerih
payah saya selama ini
|
4
|
3
|
2
|
1
|
31
|
Saya senang melakukan segala sesuatunya sendiri
|
4
|
3
|
2
|
1
|
32
|
Saya bahagia dengan keadaan saya sekarang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
33
|
Saya kurang merasa puas dengan potensi yang saya miliki
saat ini
|
1
|
2
|
3
|
4
|
34
|
Pendapat saya akan sangat penting bagi teman-teman
ketika sedang menghadapai suatu permasalahan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
35
|
Saya akan mudah menyerah jika sudah mengalami suatu
kegagalan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
36
|
Di sekolah saya berusaha menghadapi masalah dengan baik
|
4
|
3
|
2
|
1
|
37
|
Saya tidak yakin dengan apa yang saya putuskan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
38
|
Saya tidak begitu suka jika ada yang mengkritik saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
39
|
Saya tidak mempunyai kesulitan untuk bersahabat dengan
teman-teman disekolah
|
4
|
3
|
2
|
1
|
40
|
Saya siap dengan
perubahan dalam lingkungan saya
|
4
|
3
|
2
|
1
|
41
|
Saya terkadang cuek dengan lingkungan saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
42
|
Saya tidak begitu peduli jika orang lain lebih unggul
daripada saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
43
|
Saya lebih suka dipimpin daripada memimpin
|
1
|
2
|
3
|
4
|
44
|
Saya akan selalu berusaha berprestasi dalam segala hal
yang positif
|
4
|
3
|
2
|
1
|
ANALISIS
Dari data
yang diperoleh, tingkat harga diri( self estheem ) siswa dapat diklasifikasikan
dengan cara berikut:
1.
Menghitung
mean dengan rumus:
Ket:
= jumlah skor seluruh responden
N = jumlah
responden
2.
Menghitung
standart deviasi dengan rumus:
3.
Menetapkan
klasifikasi dengan tiga kategori berikut:
Ø Tingkat tinggi : x > (Mean + 1 SD)
Ø Tingkat sedang : (Mean – 1 SD) ≥ x > (Mean + 1 SD)
Ø Tingkat rendah : x ≤ (Mean – 1 SD)
- posted by : Adha Anggraini, 101014041-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar