Rabu, 04 April 2012

Instrumen Masalah Pribadi Sosial yang dihadapi Siswa Tingkat Harga Diri ( Self Estheem )


Instrumen Masalah Pribadi Sosial yang dihadapi Siswa
Tingkat Harga Diri ( Self Estheem )

Definisi Operasional:
Harga Diri ( Self Estheem) menurut Coopersmith (1967: 4-5) harga diri (self esteem) sebagai evaluasi yang dibuat oleh individu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dirinya. Evaluasi ini menyatakan suatu sikap penerimaan atau penolakan dan menunjukan sejauhmana individu percaya bahwa dirinya mampu, berhasil dan berharga. Harga diri berkaitan dengan dua hal yaitu perasaan kompetensi pribadi dan perasaan nilai pribadi, atau dengan kata lain harga diri itu merupakan perpaduan antara kepercayaan diri dan penghormatan diri. Mempunyai harga diri yang kuat artinya merasa cocok dengan kehidupan dan penuh keyakinan, yaitu mempunyai kompetensi dan sanggup mengatasi masalah-masalah kehidupan. Menurut pendapat Coopersmith (Daniel Muijs dan David Reynols, 2008:219) yang telah disempurnakan menyatakan bahwa harga diri (self esteem) dapat didefinisikan sebagai “penilaian (judgment) pribadi tentang worthiness (faedah/kegunaan/kepantasan) yang diekspresikan dalam bentuk sikap yang dimiliki individu terhadap dirinya sendiri”.
Menurut Burns (1993: 71) harga diri (self esteem) adalah  “perasaan bahwa diri itu penting dan efektif, dan melibatkan pribadi yang sadar akan dirinya sendiri”. Sedangkan menurut  Fahrozin dan Kartika (2002: 119) harga diri (self esteem) meliputi 2 bagian, yaitu 1) penghormatan atau penghargaan dari diri sendiri yang mencakup hasrat untuk memperoleh kompetensi, rasa percaya diri, kekuatan pribadi, kemandirian serta kebebasan, 2) prestasi berupa penghargaan atas apa-apa yang dilakukannya. Sabriani (2004: 10) mengemukakan “individu yang menilai tinggi keberhargaan dirinya merasa puas atas kemampuan dirinya, sedangkan individu yang menilai rendah keberhargaan dirinya akan merasa selalu tidak berharga”.
Maslow (Feist, 2010: 335) mengemukakan harga diri (self esteem) adalah “perasaan pribadi seseorang bahwa dirinya bernilai atau bermanfaat dan percaya diri”. Harga diri menggambarkan sebuah keinginan untuk memperoleh kekuatan, pencapaian atau keberhasilan, kecukupan, penguasaan dan kemampuan kepercayaan diri di hadapan dunia, serta kemandirian dan kebebasan. Harga diri didasari oleh kempuan nyata dan bukan hanya didasari oleh opini dari orang lain.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan harga diri (self esteem) adalah penilaian individu bahwa dirinya mampu, berharga, penuh kasih sayang, menarik, mandiri, memiliki bakat, memiliki prestasi, dan mempunyai kepercayaan diri serta memiliki kompetensi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada diri sendiri.

INSTRUMEN HARGA DIRI (SELF ESTEEM)

        I.            Identitas Subjek
Nama               :
Kelas                :
Jenis kelamin   :
     II.            Petunjuk Pengisisan
Para siswa diminta untuk menjawab semua pernyataan yang diberikan. Setelah membaca setiap kalimat, berilah tanda (√) pada pilihan jawaban yang saudara anggap paling sesuai dengan keadaan diri anda. Ada 4 alternatif jawaban yang dapat saudara pilih, yaitu:
SS                    : Sanggat Sesuai
S                      : Sesuai
TS                    : Tidak Sesuai
STS                  : Sangat Tidak Sesuai
Apabila saudara ingin mengganti jawaban, tetapi sudah terlanjur memberi tanda cek maka tanda cek pada jawaban lama berilah tanda sama dengan (=), setelah itu berikan tanda cek (√) pada jawaban yang anda inginkan. Tidak ada jawaban benar atau salah.
Contoh:
Apabila pernyataan di bawah ini sangat sesuai dengan keadaan anda maka berilah tanda cek (√) pada pilihan pernyataan Sangat Sesuai (SS).
No
Pernyataan
Jawaban


SS
S
TS
STS
1
Saya menyukai lingkungan sekolah saya



           
No
Pernyataan
Jawaban
SS
S
TS
STS
1.       
Saya merasa tidak diterima oleh teman-teman saya




2.       
Saya tahu apa yang harus saya katakan ke semua orang




3.       
Saya tidak pernah malu dengan keadaan saya




4.       
Saya cukup puas dengan segala potensi yang saya punya




5.       
Saya menerima kekurangan yang ada pada diri saya




6.       
Saya sering merasa ragu dengan apa yang saya kerjakan




7.       
Saya cukup cepat menyesuikan diri dengan hal-hal yang baru di sekitar saya




8.       
Saya merasa mampu berpendapat di depan umum




9.       
Saya orang yang bertanggung jawab sehingga banyak teman yang mempercayai saya




10.   
Saya menolak ikut-ikutan jika teman mengajak saya bolos




11.   
Saya tidak begitu pandai berpendapat bila sedang presentasi di depan kelas




12.   
Saya biasa dijadikan pemimpin oleh teman-teman saya




13.   
Dengan kemampuan yang saya miliki saya yakin dapat berprestasi di kelas




14.   
Teman-teman dapat menerima ide-ide atau pikiran saya




15.   
Saya sering merasa minder dengan semua yang ada pada diri saya.




16.   
Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru




17.   
Ketika ada masalah di rumah saya akan ikut mencari solusinya




18.   
Saya merasa tidak mampu untuk menghadapi masalah-masalah dalam hidup saya




19.   
Saya merasa malu ketika mengungkapkan pendapat di dalam kelompok




20.   
Saya merasa kehidupan saya terasa mudah




21.   
Saya bisa memutuskan sendiri apa yang harus saya lakukan




22.   
Saya akan meminta bantuan kepada orang lain ketika saya diberi tugas




23.   
Saya tidak merasa sendiri jika teman-teman menjauhi saya




24.   
Saya tidak bisa menyelesaikan masalah saya sendiri




25.   
Banyak orang yang menyukai saya




26.   
Saya merasa minder jika bersama teman-teman




27.   
Saya terbiasa menyelesaikan masalah saya sendiri




28.   
Saya merasa memiliki banyak kemampuan sehingga membuat saya optimis




29.   
Saya adalah orang yang mudah menyerah jika pernah gagal




30.   
Prestasi yang saya raih sekarang adalah hasil jerih payah saya selama ini




31.   
Saya senang melakukan segala sesuatunya sendiri




32.   
Saya bahagia dengan keadaan saya sekarang




33.   
Saya kurang merasa puas dengan potensi yang saya miliki saat ini




34.   
Pendapat saya akan sangat penting bagi teman-teman ketika sedang menghadapai suatu permasalahan




35.   
Saya akan mudah menyerah jika sudah mengalami suatu kegagalan




36.   
Di sekolah saya berusaha menghadapi masalah dengan baik




37.   
Saya tidak yakin dengan apa yang saya putuskan




38.   
Saya tidak begitu suka jika ada yang mengkritik saya




39.   
Saya tidak mempunyai kesulitan untuk bersahabat dengan teman-teman disekolah




40.   
Saya  siap dengan perubahan dalam lingkungan saya




41.   
Saya terkadang cuek dengan lingkungan saya




42.   
Saya tidak begitu peduli jika orang lain lebih unggul daripada saya




43.   
Saya lebih suka dipimpin daripada memimpin




44.   
Saya akan selalu berusaha berprestasi dalam segala hal yang positif




















KUNCI JAWABAN INSTRUMEN SELF ESTHEEM

No
Pernyataan
Jawaban
SS
S
TS
STS
1.
Saya merasa tidak diterima oleh teman-teman saya
1
2
3
4
2.
Saya tahu apa yang harus saya katakan ke semua orang
4
3
2
1
3.
Saya tidak pernah malu dengan keadaan saya
4
3
2
1
4.
Saya cukup puas dengan segala potensi yang saya punya
1
2
3
4
5
Saya menerima kekurangan yang ada pada diri saya
4
3
2
1
6
Saya sering merasa ragu dengan apa yang saya kerjakan
1
2
3
4
7
Saya cukup cepat menyesuikan diri dengan hal-hal yang baru di sekitar saya
4
3
2
1
8
Saya merasa mampu berpendapat di depan umum
4
3
2
1
9
Saya orang yang bertanggung jawab sehingga banyak teman yang mempercayai saya
4
3
2
1
10
Saya menolak ikut-ikutan jika teman mengajak saya bolos
4
3
2
1
11
Saya tidak begitu pandai berpendapat bila sedang presentasi di depan kelas
1
2
3
4
12
Saya biasa dijadikan pemimpin oleh teman-teman saya
4
3
2
1
13
Dengan kemampuan yang saya miliki saya yakin dapat berprestasi di kelas
4
3
2
1
14
Teman-teman dapat menerima ide-ide atau pikiran saya
4
3
2
1
15
Saya sering merasa minder dengan semua yang ada pada diri saya.
1
2
3
4
16
Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru
1
2
3
4
17
Ketika ada masalah di rumah saya akan ikut mencari solusinya
4
3
2
1
18
Saya merasa tidak mampu untuk menghadapi masalah-masalah dalam hidup saya
1
2
3
4
19
Saya merasa malu ketika mengungkapkan pendapat di dalam kelompok
1
2
3
4
20
Saya merasa kehidupan saya terasa mudah
4
3
2
1
21
Saya bisa memutuskan sendiri apa yang harus saya lakukan
4
3
2
1
22
Saya akan meminta bantuan kepada orang lain ketika saya diberi tugas
1
2
3
4
23
Saya tidak merasa sendiri jika teman-teman menjauhi saya
4
3
2
1
24
Saya tidak bisa menyelesaikan masalah saya sendiri
1
2
3
4
25
Banyak orang yang menyukai saya
4
3
2
1
26
Saya merasa minder jika bersama teman-teman
1
2
3
4
27
Saya terbiasa menyelesaikan masalah saya sendiri
4
3
2
1
28
Saya merasa memiliki banyak kemampuan sehingga membuat saya optimis
4
3
2
1
29
Saya adalah orang yang mudah menyerah jika pernah gagal
1
2
3
4
30
Prestasi yang saya raih sekarang adalah hasil jerih payah saya selama ini
4
3
2
1
31
Saya senang melakukan segala sesuatunya sendiri
4
3
2
1
32
Saya bahagia dengan keadaan saya sekarang
4
3
2
1
33
Saya kurang merasa puas dengan potensi yang saya miliki saat ini
1
2
3
4
34
Pendapat saya akan sangat penting bagi teman-teman ketika sedang menghadapai suatu permasalahan
4
3
2
1
35
Saya akan mudah menyerah jika sudah mengalami suatu kegagalan
1
2
3
4
36
Di sekolah saya berusaha menghadapi masalah dengan baik
4
3
2
1
37
Saya tidak yakin dengan apa yang saya putuskan
1
2
3
4
38
Saya tidak begitu suka jika ada yang mengkritik saya
4
3
2
1
39
Saya tidak mempunyai kesulitan untuk bersahabat dengan teman-teman disekolah
4
3
2
1
40
Saya  siap dengan perubahan dalam lingkungan saya
4
3
2
1
41
Saya terkadang cuek dengan lingkungan saya
1
2
3
4
42
Saya tidak begitu peduli jika orang lain lebih unggul daripada saya
1
2
3
4
43
Saya lebih suka dipimpin daripada memimpin
1
2
3
4
44
Saya akan selalu berusaha berprestasi dalam segala hal yang positif
4
3
2
1





ANALISIS

Dari data yang diperoleh, tingkat harga diri( self estheem ) siswa dapat diklasifikasikan dengan cara berikut:
1.      Menghitung mean dengan rumus:
Ket:  = jumlah skor seluruh responden
            N = jumlah responden
2.      Menghitung standart deviasi dengan rumus:
3.      Menetapkan klasifikasi dengan tiga kategori berikut:
Ø  Tingkat tinggi               : x > (Mean + 1 SD)
Ø  Tingkat sedang            : (Mean – 1 SD) ≥ x > (Mean + 1 SD)
Ø  Tingkat rendah             : x ≤ (Mean – 1 SD)



 - posted by : Adha Anggraini, 101014041- 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar